Minggu, 23 Januari 2011

tentang Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB), didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.
Sejarah ITB bermula seja awal abad kedua puluh, atas prakarsa masyarakat penguasa waktu itu. Gagasan mula pendirianya terutama dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara negeri Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama. De Techniche Hoogeschool te Bandung berdiri tanggal 3 Juli 1920 dengan satu fakultas de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu jurusan de afdeeling der Weg en Waterbouw.
Didorong oleh gagasan dan keyakinan yang dilandasi semangat perjuangan Proklamasi Kemerdekaan serta wawasan ke masa depan, Pemerintah Indonesia meresmikan berdirinya Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Maret 1959 . Berbeda dengan harkat pendirian lima perguruan tinggi teknik sebelumnya di kampus yang sama, Institut Teknologi Bandung lahir dalam suasana penuh dinamika mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berpijak pada kehidupan nyata di bumi sendiri bagi kehidupan dan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat.
Kurun dasawarsa pertama tahun 1960-an ITB mulai membina dan melengkapi dirinya dengan kepranataan yang harus diadakan. Dalam periode ini dilakukan persiapan pengisian-pengisian organisasi bidang pendidikan dan pengajaran, serta melengkapkan jumlah dan meningkatkan kemampuan tenaga pengajar dengan penugasan belajar ke luar negeri.
Kurun dasawarsa kedua tahun 1970-an ITB diwarnai oleh masa sulit yang timbul menjelang periode pertama. Satuan akademis yang telah dibentuk berubah menjadi satuan kerja yang juga berfungsi sebagai satuan sosial-ekonomi yang secara terbatas menjadi institusi semi-otonomi. Tingkat keakademian makin meningkat, tetapi penugasan belajar ke luar negeri makin berkurang. Sarana internal dan kepranataan semakin dimanfaatkan.
Kurun dasawarsa ketiga tahun 1980-an   ditandai dengan kepranataan dan proses belajar mengajar yang mulai memasuki era modern dengan sarana fisik kampus yang makin dilengkapi. Jumlah lulusan sarjana makin meningkat dan program pasca sarjana mulai dibuka. Keadaan ini didukung oleh makin membaiknya kondisi sosio-politik dan ekonomi negara.
Kurun dasawarsa keempat tahun 1990-an perguruan tinggi teknik yang semula hanya mempunyai satu jurusan pendidikan itu, kini memiliki dua puluh enam Departemen Program Sarjana, termasuk Departemen Sosioteknologi, tiga puluh empat Program Studi S2/Magister dan tiga Bidang Studi S3/Doktor yang mencakup unsur-unsur ilmu pengetahuan, teknologi, seni, bisnis dan ilmu-ilmu kemanusiaan.

Sabtu, 01 Januari 2011

UJIAN NASIONAL 2011

me

Sekilas Info

Ujian Nasional (UN) merupakan istilah bagi penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Berbagai polemik yang berkepanjangan mengenai Ujian Nasional di Indonesia tampak baik bagi demokrasi di negeri ini. Tapi satu hal yang jangan terlupa bahwa siswa peserta UN jangan sampai dibuat ragu atau takut tentang kepastian Ujian Nasional sebagai sarana untuk mengukur kemampuan mereka di bangku sekolahnya. Walaupun UN mengundang pro dan kontra tapi hendaknya tetap di jalur yang semestinya, karena bagaimana pun para siswa terutama siswa SMA / MA adalah para calon Agent of Change yang akan berperan untuk membawa perubahan-perubahan konstruktif bagi negeri ini. Oleh karena itu agar keraguan berkurang di kalangan dunia kependidikan, kami dari Tim Ujian Nasional mencoba menyampaikan beberapa hal yang dipandang penting terutama dalam hal dalam kebijakan UN 2011 yang tentunya diharapkan dapat menjadi bekal bagi para siswa agar mereka cukup persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional 2011.Kami persembahkan Situs ini untuk kemajuan Bangsa Indonesia khususnya di bidang Pendidikan. Tim Ujiannasional.org didukung oleh Admin yang berpengalaman di bidang pendidikan pada umumnya.

UJIAN NASIONAL 2011 DIGELAR APRIL

Jakarta, 15/10/2010 (Kominfo-Newsroom) Badan Standardisasi NasionalPendidikan (BSNP) mengumumkan Ujian Nasional (UN) tahun 2011direncanakan digelar pada April, mundur satu bulan dari tahun iniyang diadakan pada Maret.
Untuk UN tingkat SMA, MA, SMALB dan SMK 2011 direncanakandilaksanakan pada 4 hingga 9 April. Sementara untuk ujian ulanganakan digelar pada 23-27 Mei. Sementara ujian utama tingkat SMP, MTSdan SMPLB dapat dilaksanakan pada 11-14 April dan ulangannya 23-24Mei. Sedangkan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN)diselenggarakan pada Mei 2010, ujar Ketua BSNP Djemari Mardapi padaLokakarya UN di Jakarta, Jumat (15/10).
Menurut Mardapi, mundurnya jadwal satu bulan itu karena UN 2010untuk tingkat SMA dan MA digelar pada 22-26 Maret, SMK pada 22-25Maret dan SMALB 22-24 Maret. Sedangkan ujian susulannya pada 29Maret-5 April untuk tingkat SMA/MA dan 29 Maret-1 April untukSMK.
Ujian Nasional SMP/MTS/SMPLB tahun ini dilaksanakan pada 29Maret-1 April dan susulannya pada 5-8 April. Sedangkan ujianulangan untuk yang belum lulus di UN utama digelar pada 17-20Mei.
Djemari menambahkan, sambil menunggu tahun depan, UN akandisempurnakan. Seperti kriteria kelulusan untuk sekolah yang telahmencapai standar nasional pendidikan atau kategori mandiriditentukan oleh BSNP. Sementara untuk yang belum penuhi standarditentukan oleh masing-masing provinsi, jelasnya.
Penyelenggaran UN SMA,SMK dan MA, kata dia, BSNP mendelegasikanpelaksanaanya pada perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintahdengan dibantu oleh dinas pendidikan dan Lembaga Penjaminan MutuPendidikan (LPMP). Sedangkan untuk tingkat SMP dan MTS dilakukanoleh dinas pendidikan provinsi dan kota.
Penyempurnaan lainnya, yakni mengenai pencetakan bahan ujiannasional harus dilakukan oleh perusahaan yang memenuhi criteria dansebaiknya dilakukan pada rayon seperti rayon Sumatera, Jawa,Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia Timur. Pencetakan bahan UNSMA,MA dan SMK dilakukan perguruan tinggi negeri, ungkapnya.
Pihaknya juga akan meniadakan tim pemantau independen yangbertugas memantau pelaksanaan UN untuk SMP dan MTS dan akandiserahkan pada dinas pendidikan dan kabupaten. Djemari menegaskan,UN wajib dilaksanakan pada semua satuan pendidikan karena amanatdari PP No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sementara itu, Wakil Menteri Pendidikan (Wamendiknas) FasliJalal dalam sambutannya menyatakan pemerintah memang perlu mencaribentuk yang ideal untuk pelaksanaan UN tahun depan. Namun, semuastakeholder harus sadar bahwa tidak akan ada yang sempurna dalampenyelenggaraan UN, sehingga harus ada kompromi dari semuapihak.
Pengamat Pendidikan Arief Rachman berpendapat mutu pendidikanmemang harus merata jika UN ingin dilakukan tahun depan. Kedua,pemerintah harus memposisikan UN dalam kerangka hukum yang kuat.Jangan sampai UN yang dilaksanakan secara nasional melanggar HAM,tidak adil dan efektif serta bertentangan dengan nilai pendidikan,jelasnya

Sejarah STT Telkom

Sekolah Tinggi Teknologi Telkom / Institut Teknologi Telkom(IT Telkom)(disingkat STT Telkom) didirikan oleh Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Teknologi dan Manajemen Telekomunikasi atau disingkat Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) pada 28 September 1990. Tujuan didirikannya STT Telkom adalah untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia pada sektor pertelekomunikasian di Indonesia.

Kampus STT Telkom berada di daerah Bandung Selatan sekitar 12 km dari pusat kota Bandung (Gedung Sate) dengan lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Lokasi kampus STT Telkom dulunya merupakan daerah bersejarah terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api dimana proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pertama kali disiarkan ke seluruh nusantara dan dunia. Lokasi kampus terletak cukup jauh dari keramaian, sehingga suasana belajar menjadi lebih kondusif.

Kampus STT Telkom sendiri mulanya berada di jalan Suci No. 51, namun semenjak tahun 1993 dipindahkan ke Jalan Telekomunikasi (Lokasi sekarang) mengingat kampus di jalan suci kurang menunjang proses belajar mengajar yang kondusif dari segi lokasi kampus, luas/besar kampus, dan lingkungan sekitar kampus. Dengan pertimbangan tersebut, maka berdirilah kampus di lahan seluas 48 ha di daerah Bandung Selatan [lihat lokasi kampus], namun baru dimanfaatkan 19 ha.

Tujuan didirikannya sekolah ini untuk memenuhi kebutuhan akan ahli-ahli di industri telekomunikasi yang tumbuh sangat pesat, maka PT Telkom sangat berkepentingan terhadap institusi ini sehingga PT Telkom memberikan beasiswa penuh dan ikatan dinas kepada mahasiswa angkatan 1991 dan 1992. Adanya perubahan iklim industri telekomunikasi (PT Telkom tidak memonopoli lagi), program beasiswa dan ikatan dinas diberhentikan dan saat ini STT Telkom menjadi perguruan tinggi yang mandiri.

PAGAR DAN SAHABAT

Pagar dan Sahabat

Pernah ada anak lelaki yang berwatak buruk. Ayahnya memberi dia sekantung penuh paku, dan menyuruh memaku satu batang paku di pagar pekarangan setiap kali dia kehilangan kesabarannya atau berselisih paham dengan orang lain.

Hari pertama dia memaku 37 batang di pagar. Pada minggu-minggu berikutnya dia belajar untuk menahan diri, dan jumlah paku yang dipakainya berkurang dari hari ke hari. Dia mendapatkan bahwa lebih gampang menahan diri daripada memaku di pagar.
Akhirnya tiba hari ketika dia tidak perlu lagi memaku sebatang paku pun dan dengan Gembira disampaikannya hal itu kepada ayahnya. Ayahnya kemudian menyuruhnya mencabut sebatang paku dari pagar setiap kali bila dia berhasil menahan diri/bersabar.
Hari-hari berlalu dan akhirnya tiba harinya dia bisa menyampaikan kepada ayahnya bahwa semua paku sudah tercabut dari pagar. Sang ayah membawa anaknya ke pagar dan berkata: “Anakku, kamu sudah baik, tetapi coba lihat betapa banyak lubang yang ada di pagar. Pagar ini tidak akan kembali seperti semula.”
Kalau kamu berselisih paham atau bertengkar dengan orang lain, hal itu selalu meninggalkan luka seperti pada pagar. Kau bisa menusukkan pisau di punggung orang dan mencabutnya kembali, tetapi akan meninggalkan luka.
Tak peduli berapa kali kau meminta maaf/menyesal, lukanya tinggal. Luka melalui ucapan sama perihnya seperti luka fisik.

hikmah:
Kawan-kawan adalah perhiasan yang langka.
Mereka membuatmu tertawa dan memberimu semangat.
Mereka bersedia mendengarkan jika itu kau perlukan, mereka menunjang dan membuka hatimu.
Tunjukkanlah kepada teman-temanmu betapa kau menyukai mereka.

Orang Bodoh VS Orang Pintar

1. Orang bodoh sulit dapat kerja, akhirnya dia bisnis. Agar bisnisnya berhasil, tentu dia harus rekrut orang Pintar. Walhasil Bosnya orang pintar adalah orang bodoh.

2. Orang bodoh sering melakukan kesalahan, maka dia rekrut orang pintar yang tidak pernah salah untuk memperbaiki yang salah. Walhasil orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk keperluan orang bodoh.


3. Orang pintar belajar untuk mendapatkan ijazah untuk selanjutnya mendapatkan kerja. Orang bodoh berpikir secepatnya mendapatkan uang untuk membayari proposal yang diajukan orang pintar.

4. Orang bodoh tidak bisa membuat teks pidato, maka disuruh orang pintar untuk membuatnya.

5. Orang Bodoh kayaknya susah untuk lulus sekolah hukum (SH). oleh karena itu orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk membuat undang-undangnya orang bodoh.

6. Orang bodoh biasanya jago cuap-cuap jual omongan, sementara itu orang pintar percaya. Tapi selanjutnya orang pintar menyesal karena telah mempercayai orang bodoh. Tapi toh saat itu orang bodoh sudah ada di atas.

7. Orang bodoh berpikir pendek untuk memutuskan sesuatu di dipikirkan panjang-panjang oleh orang pintar, walhasil orang orang pintar menjadi staffnya orang bodoh.

8. Saat bisnis orang bodoh mengalami kelesuan, dia PHK orang-orang pintar yang berkerja. Tapi orang-orang pintar DEMO, Walhasil orang-orang pintar “meratap-ratap” kepada orang bodoh agar tetap di berikan pekerjaan.

9. Tapi saat bisnis orang bodoh maju, orang pinter akan menghabiskan waktu untuk bekerja keras dengan hati senang, sementara orang bodoh menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dengan keluarganya.

10. Mata orang bodoh selalu mencari apa yang bisa di jadikan duit. Mata orang pintar selalu mencari kolom lowongan perkerjaan.

11. Bill gate (micr*soft), Dell, Hendri (Ford), Thomas Alfa Edison, Liem Siu Liong (BCA group) adalah orang-orang Bodoh (tidak pernah dapat S1) yang kaya.
Ribuan orang-orang pintar bekerja untuk mereka. Dan puluhan ribu jiwa keluarga orang pintar bergantung pada orang bodoh.

PERTANYAAN:
1. Mending jadi orang pinter atau orang bodoh?
2. Pinteran mana antara orang pinter atau orang bodoh?
3. Mulia mana antara orang pinter atau orang bodoh?
4. Susah mana antara orang pinter atau orang bodoh?

KESIMPULAN:
1. Jangan lama-lama jadi orang pinter, lama-lama tidak sadar bahwa dirinya telah dibodohi oleh orang bodoh.
2. Jadilah Orang bodoh yang pinter dari pada jadi orang pinter yang bodoh.
3. Kata kunci nya adalah “resiko” dan “berusaha”, karena orang bodoh perpikir pendek maka dia bilang resikonya kecil, selanjutnya dia berusaha agar resiko betul-betul kecil. Orang pinter perpikir panjang maka dia bilang resikonya besar untuk selanjutnya dia tidak akan berusaha mengambil resiko tersebut. Dan mengabdi pada orang bodoh.

KIAT AMPUH BELAJAR

Melengkapi kiat-kiat yang sudah disampaikan beberapa rekan di Blog lain mengenai kiat Sukses UN dan SPMB maka saya akan menambahkan beberapa kiat yang mudah-mudahan bermanfaat untuk adik-adik sekalian dalam meraih kesuksesan pada UN dan SPMB yang akan datang.
Kiat-kiat tersebut antara lain :

a. Cara Belajar pada kurun waktu < 3 bulan sebelum ujian
Perhatikan fakta berikut ini :
* Type Soal UN / SPMB cenderung berulang dari tahun ke tahun
* Soal-soal yang keluar pada UN/SPMB adalah soal-soal yang berasal dari materi pelajaran kelas 1 s.d. kelas 3! Bayangkan seandainya adik2 harus membaca ulang seluruh buku pelajaran dari kelas 1 s.d. kelas 3! Tinggi tumpukan bukunya aja mungkin lebih tinggi dari tinggi badan adik2, ya gak?
Nah oleh karena itu, menurut hemat saya maka akan lebih efektif dan efisien apabila pada periode ini adik2 sudah merubah pola belajar menjadi : SOAL ke TEORI! Kamsudnya eh maksudnya, pada periode ini perbanyaklah berlatih mengerjakan soal-soal UN/SPMB tahun-tahun sebelumnya, minimal 5 tahun sebelumnya baru kemudian lihat teori/pembahasannya. Jadi jangan dibalik jadi TEORI kemudian Latihan SOAL karena cara ini akan efektif kalau ini dilakukan minimal pada saat kalian naik di kelas 3, Ok! Khusus untuk soal-soal UN coba lihat SKL nya dan hanya kerjakan soal2 yang pokok bahasannya tercantum pada SKL UN 2008 tsb. Kerjakan soal2 tadi secara rutin setiap hari, mulai dari sekarang! Yah apa salahnya beberapa bulan ini kita korbankan kegiatan2 lain seperti main, nongkrong, jalan2, dll. dan memperbanyak porsi untuk persiapan UN/SPMB. Kalau udah lulusmah mo puas2in main juga bebas2 aja khan sembari nunggu kuliah dimulai he3x…

b. Menjelang/Sebelum Ujian
Pada beberapa hari menjelang Ujian, sebaiknya kurangi porsi belajar. Lebih banyak relax aja khan belajarnya udah dicicil sejak beberapa bulan sebelumnya… :) Persiapkan fisik (jangan begadang, jangan hujan2an, jangan kebanyakan makan pedas hehhe ntar gmn kalo diare saat ujian! wah bisa gawat tuh! trus hindari masalah (putus cinta, tawuran, kebut2an, dll.). Persiapkan alat2 ujian jauh2 hari; tanda peserta, alat tulis menulis, papan alas, dll. (jangan lupa buat copy kartu peserta untuk jaga2 kalau2 ilang…). Jangan terlambat datang ke lokasi ujian dan sebelum berangkat jangan lupa minta do’a dari orang2 khususnya dari kedua orangtua kita.

c. Pada saat ujian
Ada yang bilang bahwa ujian (UN/SPMB) lebih kepada uji mental! So, Relax aja! Sebelum mengerjakan soal jangan lupa berdo’a terlebih dahulu. Periksa LJK jangan2 LJK yang kita pegang salah cetak atau cacat. Segera kembalikan/tukarkan pada pengawas bila kita merasa LJK kita ada kejanggalan. Baca/perhatikan petunjuk ujian. Pastikan kapan mulai dan berakhirnya ujian. Kerjakan soal dari yang mudah dulu baru kemudian yang lebih sulit. Jangan dibiasakan mengisi jawaban pada lembar soal dan memindahkannya sekaligus pada akhir ujian! Gimana kalau keliru memindahkan? Gimana kalau waktunya gak cukup? Mungkin ada baiknya jika menghitamkan jawaban setiap 3-5 soal selesai dikerjakan atau bahkan setiap 1 soal dikerjakan langsung dihitamkan pada LJK. Jangan berbuat curang (nyontek, pakai kalkulator, bekerjasama, dll.). Periksa kembali pengisian data2 dan jawaban pada LJK sebelum dikumpulkan (nomor peserta, nama, kode soal, dll.; sudah dihitamkan bawahnya atau belum? apakah tidak ada yang keliru dalam menghitamkannya?).

d. Setelah Ujian
Tawakal! Perbanyak do’a dan serahkan hasilnya kepada Yang Maha Kuasa.
Demikian beberapa kiat dari saya, mudah2an ada manfaatnya.

Sekilas Info

Dari Rektor

Anies R. Baswedan, Ph.D.
Anies R. Baswedan, Ph.D.
Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Universitas Paramadina didirikan bukan untuk meraih peluang bisnis. Perguruan tinggi ini berdiri saat Indonesia dihempas krisis tahun 1998. Universitas Paramadina didirikan sebagai idealisme yang diterjemahkan dalam perjuangan moral yang kongkrit.
Perjuangan untuk mendukung tegaknya masyarakat madani yang terdidik dan beretika. Melalui perencanaan dan perumusan ide-ide besar secara matang dan konsisten, idealisme tersebut telah mendorong Universitas Paramadina selalu berusaha untuk tetap aktual dalam menjawab tantangan zaman.
 
Universitas Paramadina memosisikan dirinya sebagai city university, boutique university yang kecil tapi lincah dalam berusaha menggapai gagasan kelas dunia. Small but giant itu kira-kira yang ingin diraih oleh Universitas Paramadina. Saat ini, Universitas Paramadina berusaha menempatkan diri sebagai salah satu pendorong tumbuhnya generasi terbaik Indonesia. Generasi intelektual baru yang memiliki kekuatan dalam aspek leadership, entrepreneurship dan ethics. Dengan rendah hati kami sampaikan bahwa semua gagasan dan ikhtiar itu hanya bisa dicapai melalui dukungan semua pihak. Kepercayaan dan dukungan berbagai pihak, khususnya orang tua mahasiswa, para dosen, dan karyawan serta Yayasan Wakaf Paramadina memiliki makna yang luar biasa bagi ikhtiar bersama ini. Kami juga menerima dukungan penuh dari pemerintah dan kalangan dunia usaha. Semuanya menjadi inspirasi bagi kami, yang umumnya datang dari kalangan muda, untuk menjalankan amanah dan pengabdian di Universitas Paramadina, sambil terus memohon rahmat dan ridho Allah SWT.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
 
Anies R. Baswedan, Ph.D.

tentang universitas paramadina

Penandatangan MoU Universitas Paramadina dan Victoria University of Wellington-New Zealand.



Universitas Paramadina maju selangkah lagi. Senin sore tadi Rektor Paramadina, Anies Baswedan, Ph.D. menandatangani nota kesepahaman (MoU)

antara perguruan tinggi yang dipimpinnya dengan Victoria University of Wellingkton (VUW), Selandia Baru. Pihak VUW diwakili Vice-Chancellor International UVW Prof. Pat Walsh. Duta Besar Selandia Baru, David Taylor ikut menyaksikan penandatanganan MoU yang berlangsung di kampus Paramadina itu.  

Menurut Anies Baswedan penandatangan kerjasama ini sebagai upaya Paramadina untuk ambil bagian sebagai masyarakat dunia. “Lebih dari sekedar pertukaran akademisi, mahasiswa ataupun staf, melalui kerjasama ini akan terjadi pertukaran ilmu pengetahuan yang penting bagi perkembangan dunia,” kata Anies.

Profesor Pat Walsh mengatakan, salah satu alasan VUW melakukan kerjasama dengan Universitas Paramadina adalah karena Paramadina menunjukan fokus yang sangat tinggi terhadap kualitas pendidikan. “Kami memandang penting untuk melakukan kerjasama dengan Indonesia khususnya pada bidang pendidikan, karena ia merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan kedua bangsa,” kata Walsh.

Ruang lingkup kerjasama antara UPM dan VUW mencakup pertukaran mahasiswa S-1 dan S-2 (pascasarjana), pertukaran dosen, riset dan publikasi bersama, workshop Bahasa Inggris, pertukaran materi-materi dan informasi akademik dan berbagai program akademik lainnya. [Senin, 4 Oktober 2010]